13.3.16

Daftar Tempat Wisata Favorit di Halmahera Utara

Destinasi Tempat Wisata : Halmahera Utara

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Kabupaten Halmahera Utara

Provinsi                         : Maluku Utara

Gambaran Umum Tempat Wisata       
Kabupaten Halmahera Utara adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Maluku Utara yang terbentuk pada 31 Mei 2003 dengan ibukota Tobelo. Sebagai Kabupaten dari Provinsi Maluku Utara yang relatif masih baru terbentuk, Pemerintah Daerah beserta berbagai pihak terkait terus berbenah dalam menggali potensi daerah ini. Kabupaten ini memiliki hampir 50 pulau yang tersebar di laut Maluku dan laut Halmahera.

Setidaknya dapat kita lihat potensi yang dimiliki wilayah ini. Memiliki bentangan pulau-pulau kecil, panorama pantai pasir putih, kekayaan taman bawah laut yang sangat memukau dengan aneka jenis biota lautnya. Begitu juga dengan hamparan daratannya, memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang bervariasi. Tidak itu saja, budaya serta situs-situs bersejarah masa perang dunia II dapat dijumpai di daerah ini.

Daftar Tempat Wisata Favorit di Halmahera Utara
foto oleh leivischem [federleicht]

Potensi Tempat Wisata
Adapun beberapa obyek wisata yang dapat dinikmati, antara lain :

1. Pulau Tagalaya
Pulau ini dikelilingi hamparan pantai berpasir putih yang luas. Memiliki kekayaan terumbu karang dengan kondisi arus air laut yang tenang dan jernih yang dihuni oleh beragam biota laut membuat kawasan ini menjadi surga bagi para penggemar olahraga snorkeling maupun diving.

2. Pulau Rorangane
Sedikit berbeda dengan pulau Tagalaya, pulau ini dikelilingi hamparan pasir putih berkerikil. Namun pesona alam bawah laut serta ketenangan arus air lautnya membuat anda ingin berlama-lama berada di pulau ini untuk berenang ataupun menyelam.

3. Pulau Kakara
Jernihnya air laut seolah membuka jalan kepada anda untuk menyaksikan karang-karang cantik di pulau ini. Anda juga akan dimanjakan dengan teduhnya pepohonan sambil bersantai di pinggiran pantai berpasir putih halus ini.

4. Pulau Kumo
Pulau ini memberi anda kesempatan untuk menikmati wajah Kota Tobelo yang terletak persis di depannya. Sehingga tidak salah kalau obyek wisata ini merupakan salah satu pantai tersibuk di Halmahera Utara.

5. Pulau Pasirtimbul
Nama pulau yang cukup fenomenal. Namanya yang unik terilhami dari proses terbentuknya pulau tak berpenghuni ini. Semula yang terlihat hanyalah segundukan pasir yang lama-kelamaan meluas dan membentuk sebuah pulau mini.

6. Pulau Pawole
Pulau tidak berpenghuni ini lokasinya cukup terisolasi dan arus laut yang tergolong deras di antara pulau-pulau lainnya di Halmahera Utara. Namun, pulau ini tidak kehilangan pesonanya dengan hamparan pasir putih serta bebatuan karang yang cukup mendominasi di seluruh sisi pesisirnya.

7. Teluk Somola
Memiliki bentangan pulau-pulau kecil yang ditumbuhi bakau di atas bebatuan serta air laut yang jernih kebiruan adalah pemandangan yang dapat dijumpai di tempat ini.

8. Pantai Posiposi
Termasuk pantai dengan hamparan pasir putih halus terbaik di Halmahera Utara. Pohon-pohon kelapa yang tumbuh tinggi di hampir sepanjang pesisir pantai serta air laut yang jernih adalah alasan utama untuk mengunjungi kawasan ini.

9. Pantai Gamlaha
Pasir putih yang halus, arus laut yang tenang serta alamnya yang masih sangat alami menjadi kelebihan tempat ini.

10. Pulau Bobale
Hamparan pasir putih halus, terumbu karang, aneka biota laut, serta gradasi warna lautnya yang menawan menjadi magnet bagi penyelam mengunjungi tempat ini.

11. Taman Laut Tobotobo
Halmahera Utara seperti tidak kehabisan taman lautnya. Selain pulau Tagalaya dan pulau Bobale, tempat ini juga memiliki taman laut yang sangat indah sehingga sangat disarankan untuk melakukan kegiatan snorkling atau diving.

Halmahera Utara juga menyimpan obyek wisata sejarah yang tidak kalah menariknya dengan tempat lainnya seperti Terowongan Jepang PD II yang dapat dijumpai di Desa Samuda Kecamatan Galela Barat. Selain itu, anda juga dapat menemukan bangkai Kapal Tosimaru yang merupakan kapal barang peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II yang karam akibat pengeboman yang dilakukan pihak Sekutu, berada sangat dekat dari garis pantai Sosol. Peralatan perang dan topi perang yang disebut Kasapeti, sebuah pemberian Sultan Ternate kepada Raja Momole. Anda dapat menjumpai benda peninggalan sejarah ini di Desa Soakonora Kecamatan Galela Barat.

Jika anda juga berniat mengunjungi tempat wisata budaya, Rumah Adat Hibualamo adalah salah satu jawaban yang cocok untuk anda kunjungi. Rumah adat ini diresmikan pada bulan April 2007 dan berfungsi sebagai tempat dilaksanakannya upacara-upacara adat dan sebagai tempat pertemuan pemimpin dan rakyat.

Tidak ketinggalan, Bukit Doa Dukono Lamo yang terletak di bebukitan Karianga. Bukit Doa Dukono Lamo merupakan tempat untuk memanjatkan doa yang dapat dilakukan oleh seluruh umat lintas agama di puncak bukit ini. Dari atas bukit, anda juga akan disuguhi panorama hijaunya daratan Tobelo dan birunya laut Halmahera yang memukau. Menariknya, tepat di halaman depan Bukit Doa terdapat patung Burung Garuda dan Presiden Soekarno yang duduk sembari memegang sebuah buku.