10.3.16

Tempat Wisata Budaya dan Sejarah Museum Bengkulu

Destinasi Tempat Wisata Budaya dan Sejarah :  Museum Negeri Bengkulu

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Jalan pembangunan No.8 Padang Harapan.

Kota                              : Bengkulu

Provinsi                        : Bengkulu


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Museum Bengkulu merupakan tempat penyimpanan koleksi benda-benda bersejarah dan adat budaya masing-masing suku yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Dibangun pada tahun 1978. Namun, baru difungsikan pada tanggal 3 Mei 1980. Memiliki 2 ruangan pameran, yakni ruang Pameran Tetap dan Pameran Temporer yang di dalamnya terdapat 3.660 koleksi yang meliputi bidang etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, biologika, keramologika, dan filologika.

Potensi Tempat Wisata
Pesona budaya peradaban masa lampau di tempat ini begitu kental terasa. Para wisatawan dapat menyaksikan beragam jenis koleksi benda bersejarah di sini seperti koleksi pakaian pengantin dan pakaian adat, alat-alat rumah tangga, senjata tradisional, bentuk-bentuk rumah adat, tulisan huruf “ Ka ga nga” dan peninggalan-peninggalan masa prasejarah mulai dari masa peradaban batu sampai perunggu. Selain itu, ada juga peninggalan kerajinan kain tenun terdiri dari kain tenun masyarakat Enggano dan aneka jenis motif kain besurek.

Daya tarik lain yang memikat khususnya bagi para peneliti yaitu terdapat 126 koleksi naskah kuno yang berisi pantun, sejarah dan wejangan berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Naskah-naskah kuno tersebut hingga kini tidak diketahui identitas penulisannya. Dimana dari 126 koleksi naskah kuno tersebut, baru 10 di antaranya yang berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Tidak ketinggalan, satu koleksi langka berupa mesin cetak Drukkey Populair dengan merek “Golden Press”. Mesin cetak buatan Amerika Serikat ini dibuat pada tahun 1930. Drukkey Populair inilah yang pernah digunakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mencetak “uang merah”. Uang merah merupakan sejenis Oeang Republik Indonesia (ORI) yang difungsikan sebagai alat tukar menukar yang sah, khusus di wilayah Bengkulu.

Tempat Wisata Budaya dan Sejarah Museum Bengkulu
sumber foto : Dok. Pemerintah Provinsi Bengkulu. all rights reserved.