13.3.16

Tempat Wisata Dieng Jawa Tengah

Destinasi Tempat Wisata Alam : Wisata Dieng

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di 2 wilayah Kabupaten tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Provinsi                  : Jawa Tengah


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Secara topografi, kawasan Dieng merupakan dataran tinggi yang terdiri dari dua atau lebih gunung berapi serta banyak kawah dan puncak kecil lainnya.

Potensi Tempat Wisata
Para wisatawan dapat menikmati aneka obyek wisata di tempat ini baik wisata alam, wisata budaya, maupun wisata sejarah.

Obyek-obyek wisata yang disajikan begitu lengkap seperti Telaga Warna yang memancarkan pesona warna merah, hijau, biru, putih. Terdapat banyak kawah, ada juga gua, mata air, dan sumur. Tidak kalah dengan daya tarik alamnya, para pengunjung juga dapat menyaksikan peninggalan kuno berupa kompleks percandian Hindu yang dibangun pada abad ke-7, mencakup Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati. Fasilitas multimedia berupa Dieng Volcanic Theater, teater yang mempertontonkan film tentang kegunungapian di Dieng. Museum Dieng Kailasa yang menyimpan koleksi artefak. Menariknya, di kawasan ini kita dapat secara langsung mengamati dan mempelajari lebih dekat budaya masyarakat Dieng salah satunya adalah aktivitas pertaniannya yang terkenal, yang mana daerah ini merupakan sentra penghasil sayuran dan buah di Jawa Tengah.

Tempat Wisata Dieng Jawa Tengah
foto oleh Sumarma Hamidi (Volcanological Survey of Indonesia) lisensi domain publik
Tempat Wisata Dieng Jawa Tengah
foto oleh Ardianto Bahtiar from id dengan lisensi CC BY-SA 3.0