6.3.16

Wisata Danau Sano Nggoang Flores NTT

Destinasi Tempat Wisata Danau : Danau Sano Nggoang

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Desa Wae Sano, berada sekitar 63 km dari kota Labuan Bajo.

Kecamatan                   : Sano Nggoang

Kabupaten                   : Manggarai Barat

Provinsi                        : Nusa Tenggara Timur


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Danau Sano Nggoang merupakan danau terbesar di Nusa Tenggara Timur. Memiliki luas 513 hektar. Berada pada ketinggian 750 m dpl dengan kedalaman sekitar 600 meter. Danau Sano Nggoang adalah jenis danau vulkanik yang memiliki kadar belerang yang cukup tinggi.

Potensi Tempat Wisata
Kawasan Danau Sano Nggoang memiliki bentang alam yang indah meliputi danau, hutan, bukit, serta flora dan fauna. Di kawasan ini, pengunjung dapat menemukan dan mengamati aneka satwa burung endemik Flores diantaranya seperti gagak flores, itik gunung, dan itik benjut. Untuk lebih merasakan indahnya panorama danau ini, pengunjung dapat berkeliling danau dengan menunggangi kuda atau berjalan kaki (trekking) dari tempat yang lebih tinggi. Selain itu, di sekitar kawasan danau ini juga dapat ditemukan beberapa sumber air panas yang masih alami disertai kandungan belerang yang dapat dijadikan sebagai area pemandian untuk kesehatan kulit.

Hal lain yang tidak kalah menariknya adalah kawasan ini juga menyimpan peninggalan nilai budaya dan religi seperti wilayah perkampungan tua di atas perbukitan Golo Mblecek. Kampung ini diyakini adalah kampung nenek moyang masyarakat Nunang yang konon berasal dari Minangkabau dan sebagian lagi dari Kerajaan Bima. Pengunjung juga dapat menemukan sebuah gereja tua dengan arsitekturnya yang masih asli. Menurut sejarahnya, Gereja tua ini merupakan pusat penyebaran agama katolik pertama di Desa Wae Sano dan sekitarnya. Letak posisi Gereja tua ini berada tepat di tepi danau.  

Wisata Danau Sano Nggoang Flores NTT
sumber foto : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. all rights reserved.