10.3.16

Tempat Wisata Alam Gunung Papandayan

Destinasi Tempat Wisata Alam : Gunung Papandayan

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi

Kecamatan                 : Cisurupan

Kabupaten                 : Garut

Provinsi                      : Jawa Barat


Gambaran Umum Tempat Wisata
Gunung Papandayan memiliki luas kawasan secara keseluruhan sebesar 7.132 Ha, yang terdiri dari Cagar Alam 6.807 Ha dan Taman Wisata Alam 225 Ha. Gunung Papandayan adalah jenis gunung berapi yang secara topografi berada di ketinggian 2.170 m di atas permukaan laut. Memiliki konfigurasi umum lahannya bergunung, berbukit, dataran dan lembah.

Keanekaragaman Hayati
Kawasan taman wisata alam ini memiliki aneka jenis flora yang dominan yaitu Hiur, Pasang Hura, Saninten, Jamaju, Puspa, Sega, Suwagi dan Kiteke. Tempat ini juga dihuni oleh aneka satwa seperti babi hutan, macan kumbang, macan tutul, dan beberapa jenis burung. Adapun jenis tumbuhan maupun satwa langka di kawasan ini seperti rusa, elang Jawa, Lutung dan Surili, sedangkan untuk flora yang tergolong langka yakni Saninten.      

Potensi Tempat Wisata
Daya tarik Gunung Papandayan yang utama adalah berupa kawah, panorama, pegunungan dan perkemahan, semuanya ini ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam. Di tempat ini, para pengunjung dapat melakukan kegiatan rekreasi hutan seperti trekking, hiking, fotografi, berkemah, melakukan kegiatan penelitian terhadap aneka flora maupun fauna yang dapat secara langsung diamati di alam bebas.

Tempat Wisata Alam Gunung Papandayan
foto oleh Uprising dengan lisensi CC BY-SA 3.0