8.3.16

Tempat Wisata Alam Bukit Bangkirai

Destinasi Tempat Wisata Alam :  Bukit Bangkirai

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Km 38 jalan Raya Soekarno-Hatta Balikpapan-Samarinda. 

Kecamatan                   : Samboja

Kabupaten                   : Kutai Kartanegara

Provinsi                       : Kalimantan Timur


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Bukit Bangkirai memiliki peran penting untuk pengembangan monumen hutan alam tropika basah. Kawasan ini merupakan kawasan hutan hujan tropis yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan dari family Dipterocarpaceae seluas 1500 Ha. Berada di areal PT.Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 oleh Ir.Djamalludin suryohadikusuma, mantan Menteri Kehutanan Kabinet Pembangunan VI.

Keanekaragaman Hayati
Terdapat aneka koleksi tanaman anggrek dan buah-buahan hutan seperti anggrek Hitam, Anggrek Tebu, Sisik Naga, serta anggrek silangan seperti Anggrek Kalla, Vanda, Dendorium dan lain-lain.

Potensi Tempat Wisata
Selain memiliki potensi keindahan alam dan keanekaragaman hayatinya, kawasan wisata Bukit Bangkirai difungsikan juga sebagai wahana wisata ilmiah. Dan bagi anda yang hendak menikmati suasana alam di kawasan ini tidak perlu ragu berkunjung ke tempat ini karena fasilitas wisata alam yang disediakanpun sangat lengkap seperti area perkemahan, Canopy Bridge, trekking area, serta pondok penginapan. Tidak ketinggalan, kearifan budaya lokal juga dapat dijumpai di tempat ini seperti Rumah Besar Lamin berupa bangunan besar berbentuk Rumah Adat Dayak yang sering digunakan untuk rapat dan pertemuan.

Tempat Wisata Alam Bukit Bangkirai
foto oleh A. Rahman dengan lisensi GNU Versi 1.2