3.3.16

Wisata Religi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Destinasi Tempat Wisata Religi : Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Lokasi Tempat Wisata  : Terletak di Kampung Cibutun, Desa Kertajaya, berjarak 25 km dari Pelabuhan Ratu.

Kecamatan                 : Simpenan

Kabupaten                 : Sukabumi

Provinsi                     : Jawa Barat  


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa memiliki nama lain yakni Kuil Dewi Kwan Im dan Vihara Loji. Vihara ini merupakan tempat ibadah Buddhisme Thailand. Dibangun atas prakarsa seorang etnis Thailand yang bernama Anotahi Kamonwathin yang telah menjadi Warga Negara Indonesia. Anotahi Kamonwathin lebih dikenal dengan panggilan Mama Airin oleh penduduk setempat. Mama Airin adalah satu-satunya penggagas pembangunan vihara ini hingga didirikan pada tanggal 8 Agustus 2000 dan Yayasan Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa sebagai pemilik sekaligus pengelola Vihara ini.

Adapun cerita yang melatarbelakangi pembangunan kuil ini berawal dari mimpi seorang mama Airin. Mama Airin bermimpi bahwa lokasi vihara ini telah ada 600 tahun silam (pada zaman Dinasti Qing), tetapi menjadi hilang karena termakan waktu. Itulah sebabnya ia berinisiatif untuk kembali membangun vihara ini. Mama Airinpun segera melakukan proses pencarian lokasi yang mirip mimpinya tersebut. Pencarian lokasipun dimulai dari Gunung Batu, Malang, kemudian berlanjut ke Gunung Kidul, Yogyakarta. Akhirnya Mama Airin menemukannya di daerah Sukabumi. 

Vihara ini memiliki banyak Altar bagi pengunjung yang hendak sembhayang dan kegiatan peribadatan lainnya. Masing-masing Altar berada pada satu tingkat yang mencakup Altar Dewi Bumi Nam Hai, Julaihud, Dewi Kwan Im, Padepokan Eyang Semar, Padepokan Prabu Siliwangi, Se Mien Fo, dan Padepokan Ratu Pantai Selatan.

Keunikan dari vihara ini adalah lokasinya yang berada di perbukitan yang menghadap ke laut lepas (Pantai Loji). Ketika tiba di Vihara ini, para pengujung akan disambut oleh sepasang ornamen naga khas Thailand yang berkepala tujuh dan sepasang singa batu. Untuk sampai ke tingkatan paling atas bangunan ini, pengunjung harus mendaki sekitar 500 anak tangga. Sesampai di Altar utama, para pengunjung akan langsung dihadapkan dengan indahnya pemandangan laut lepas dari ketinggian.

Selain itu, dengan sensasi alam yang sejuk dan nyaman, pengunjung juga dapat berkeliling melihat dan merasakan tingginya nilai seni budaya di tempat ini. Hal ini terlihat dari aneka ornamen ukiran yang berseni dan penuh makna yang terkandung di dalamnya. Terdapat foto Raja dan Ratu Thailand ke-IV, Petilasan Ratu Pantai Selatan.

Vihara juga menyediakan tempat penginapan bagi pengunjung yang mungkin hendak bermalam. Di sekitar kawasan Vihara juga telah berdiri hotel. Boleh dikatakan kawasan ini memiliki paket yang lengkap sebagai tempat kunjungan wisata yang memadukan wisata religi, wisata budaya, wisata sejarah, sekaligus wisata alam.

Pesona keanekaragaman suku, budaya, agama di Indonesia adalah kekayaan kita yang tak ternilai harganya. Mantap.

Wisata Religi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Wisata Religi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Wisata Religi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Wisata Religi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa
sumber foto : widlien. kaskus user community. all rights reserved.