25.2.16

Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Lokasi Tempat Wisata       : Kawasan ini terletak di 4 bagian Kabupaten Provinsi Jawa Timur yaitu di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditunjuk sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 278/Kpts-VI/97 dengan luas 50.276,2 ha.

Keanekaragaman Hayati
Taman Nasional ini merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki keunikan berupa laut pasir seluas 5.250 hektar, yang berada pada ketinggian ± 2.100 meter dari permukaan laut. Flora dan fauna yang beragam mencakup sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia dan 4 jenis reptilia. Ditemukan juga Satwa langka di taman nasional ini antara lain luwak, kera ekor panjang, kijang, ayam hutan merah, rangkong, elang bondol.

Potensi Tempat Wisata
Potensi wisata di kawasan ini seperti melihat hamparan laut pasir dan kawah Bromo, gunung Batok dan gunung Semeru. Berkuda, berkemah, mengamati satwa dan mendaki gunung Bromo melalui tangga dan melihat matahari terbit di pagi hari. Selain itu, kearifan lokal turut memperkaya wisata budaya di daerah ini seperti Upacara Kasodo diselenggarakan setiap tahun (Desember/Januari) pada bulan purnama. Melalui upacara tersebut, masyarakat Suku Tengger memohon panen yang berlimpah atau meminta tolak bala dan kesembuhan atas berbagai penyakit, yaitu dengan cara mempersembahkan sesaji dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo, sementara masyarakat Tengger lainnya harus menuruni tebing kawah dan meraih untuk menangkap sesaji yang dilemparkan ke dalam kawah, sebagai perlambang berkah dari Yang Maha Kuasa.

Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
sumber foto : indonesia.travel. all rights reserved.