25.2.16

Wisata Taman Nasional Taka Bonerate

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Taka Bonerate

Lokasi Tempat Wisata       : Kawasan ini terletak di Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Gambaran Umum Tempat Wisata       
Ditunjuk sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No.280/Kpts-II/1992 dengan luas 530.765 ha. Taman Nasional Taka Bonerate memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia yaitu setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektar, dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km².

Keanekaragaman Hayati
Tumbuhan yang terdapat di daerah pantai didominasi oleh kelapa, pandan laut, cemara laut, dan ketapang. Terumbu karang yang sudah teridentifikasi sebanyak 261 jenis dari 17 famili diantaranya Pocillopora eydouxi, Montipora danae, Acropora palifera, Porites cylindrica, Pavona clavus, Fungia concinna, dan lain-lain. Sebagian besar jenis-jenis karang tersebut telah membentuk terumbu karang atol dan terumbu tepi. Semuanya merupakan terumbu karang yang indah dan relatif masih utuh. Terdapat sekitar 295 jenis ikan karang dan berbagai jenis ikan konsumsi seperti kerapu, cakalang, napoleon wrasse, dan baronang. 244 jenis moluska diantaranya lola , kerang kepala kambing, triton, batulaga, kima sisik, kerang mutiara, dan nautilus berongga. Jenis-jenis penyu yang tercatat termasuk penyu sisik, penyu hijau, dan penyu lekang.

Potensi Tempat Wisata
Potensi wisata di kawasan ini sangat kental dengan keindahan biota lautnya termasuk terumbu karang yang alami sehingga cocok untuk kegiatan menyelam, snorkeling, dan wisata bahari lainnya.

Wisata Taman Nasional Taka Bonerate
foto oleh iPul Gassing. all rights reserved.