22.2.16

Wisata Kepulauan Karimunjawa

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional  : Kepulauan Karimunjawa

Lokasi Tempat Wisata       : Terletak di Desa Karimunjawa

Kecamatan                 : Karimunjawa

Kabupaten                 : Jepara

Provinsi                     : Jawa Tengah

Gambaran Umum Tempat Wisata       
Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Nama Karimunjawa berasal dari zaman Sunan Muria yaitu salah satu tokoh penyebar Agama Islam. Ditetapkan sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 74/Kpts-II/2001 dengan luas 110.117,3 ha.

Keanekaragaman Hayati
Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Potensi Wisata
Potensi wisata di kawasan ini sangat cocok untuk wisata bahari seperti berlayar, selancar air, ski air, berenang, berjemur di pantai pasir putih, mengamati satwa dan burung-burung, berkemah. Di sekitar Pulau Kemujan terdapat bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam pada tahun 1955, dimana pada saat ini menjadi habitat ikan karang, itu tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri untuk melakukan kegiatan menyelam/snorkeling. Tidak selesai sampai disitu, petualangan wisata masih berlanjut dengan melihat peninggalan-peninggalan Sunan Nyamplungan/Amir Hasan (anak dari Sunan Muria) seperti ikan lele tanpa patil, makam Nyamplungan, kayu dewodaru, sentigi, kalimosodo, dan ular edhor, yang dikeramatkan oleh penduduk Karimunjawa. Sungguh sangat menarik. 

Wisata Kepulauan Karimunjawa
sumber foto : www.satujam.com. all rights reserved.