25.2.16

Wisata Taman Nasional Lore Lindu

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Lore Lindu

Lokasi Tempat Wisata       : Secara administratif, kawasan ini terletak di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Poso.

Provinsi                           : Sulawesi Tengah


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Ditetapkan Menteri Kehutanan sebagai Taman Nasional melalui SK No. 646/Kpts-II/1999 dengan luas sebesar 217.991,18 ha. Ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO pada tahun 1977.

Keanekaragaman Hayati
Kawasan ini memiliki berbagai ragam satwa yaitu 117 jenis mamalia, 88 jenis burung, 29 jenis reptilia, dan 19 jenis amfibia. Lebih dari 50 persen satwa yang terdapat di kawasan ini merupakan endemik Sulawesi diantaranya kera tonkean, babi rusa, tangkasi, kuskus, maleo, katak Sulawesi, musang Sulawesi, tikus Sulawesi, kangkareng Sulawesi, ular emas, dan ikan endemik yang berada di Danau Lindu. Tumbuhan yang dapat dijumpai di hutan pamah tropika dan pegunungan bawah. Disamping kekayaan dan keunikan sumberdaya alam hayati, taman nasional ini juga memiliki kumpulan batuan megalitik yang bagus dan merupakan salah satu monumen megalitik terbaik di Indonesia.

Potensi Tempat Wisata
Potensi wisata di kawasan Taman Nasional Lore Lindu mencakup rekreasi danau, arung jeram, mendaki gunung, berkemah, lintas hutan dengan mengamati satwa burung, terdapat juga batu megalit. Adanya festival Danau Poso yang ikut melengkapi indahnya pesona wisata Taman Nasional Lore Lindu.

Wisata Taman Nasional Lore Lindu
foto oleh Aidenvironment dengan lisensi CC BY-SA 2.0