25.2.16

Wisata Taman Nasional Gunung Leuser

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional  : Taman Nasional Gunung Leuser

Lokasi Tempat Wisata       : Secara administratif, kawasan ini terletak di Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Gambaran Umum Tempat Wisata       
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu Taman Nasional yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir. Berdasarkan kerjasama Indonesia-Malaysia, juga ditetapkan sebagai “Sister Park” dengan Taman Negara National Park di Malaysia. Ditunjuk sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 276/Kpts-VI/1997 luas 1.094.692 Ha.

Keanekaragaman Hayati
Di Kawasan ini, terdapat satwa langka dan dilindungi antara lain mawas/orangutan, siamang, gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, kambing hutan, rangkong, rusa sambar, dan kucing hutan. Terdapat tumbuhan langka dan khas yaitu daun payung raksasa, bunga raflesia serta Rhizanthes zippelnii yang merupakan bunga terbesar dengan diameter 1,5 meter. Selain itu, terdapat tumbuhan yang unik yaitu ara atau tumbuhan pencekik.

Potensi Tempat Wisata
Potensi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser mencakup rekreasi danau, arung jeram, wisata goa, mendaki gunung, berkemah, lintas hutan dengan mengamati satwa burung, bunga raflesia, trekking pada hutan pantai, terdapat juga kegiatan rehabilitasi orangutan serta rumah penelitian untuk primata dan satwa lain.

Wisata Taman Nasional Gunung Leuser
foto oleh User: (WT-shared) Velorian dengan lisensi CC BY-SA 1.0