25.2.16

Wisata Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Alas Purwo

Lokasi Tempat Wisata       : Kawasan ini terletak di Kabupaten Banyuwangi

Provinsi                           : Jawa Timur


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Penunjukan Taman Nasional Alas Purwo sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 283/Kpts-II/92 dengan luas 43.420 ha

Keanekaragaman Hayati
Beragam jenis flora dan fauna memilih kawasan taman nasional ini menjadi habitatnya seperti diantaranya lutung budeng, banteng, ajag, burung merak, ayam hutan, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Satwa langka dan dilindungi seperti penyu lekang, penyu belimbing, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan khas dan endemik pada taman nasional ini yaitu sawo kecik dan bambu manggong. Tumbuhan lainnya adalah ketapang, nyamplung, kepuh, keben, dan 13 jenis bambu.

Potensi Tempat Wisata
Dengan segala keanekaragaman hayati, keindahan alam, dan keunikan yang dimilikinya, membuat kawasan ini layak dijadikan salah satu obyek wisata alam sekaligus wisata budaya andalan seperti olahraga berselancar di Plengkung yang berada di sebelah Selatan dikenal oleh para perselancar tingkat dunia dengan sebutan G-Land. Sebutan G-land dapat diartikan, karena letak olahraga selancar air tersebut berada di Teluk Grajagan yang menyerupai huruf G. Kegiatan wisata bahari dan berkemah di pantai pasir putih dengan formasi hutan pantai, bersampan, berenang, ski air di danau. Terdapat 40 buah tempat yang dapat disebut sebagai goa alam dan buatan antara lain Goa Jepang untuk melihat peninggalan dua buah meriam sepanjang 6 meter, Goa Istana, Goa Padepokan dan goa lainnya untuk wisata budaya dan wisata goa.

Wisata Taman Nasional Alas Purwo
foto oleh rochmad setyadi dengan lisensi CC BY-SA 2.0