25.2.16

Wisata Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru

Lokasi Tempat Wisata       : Kawasan ini terletak di Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Ditunjuk sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 576/Kpts-II/98 luas 87.984,09 ha.

Keanekaragaman Hayati
Di taman nasional ini, 118 jenis tumbuhan diantaranya suren, taduk, kesambi, pulai, asam, kemiri, jambu hutan, cemara gunung, dan lantana.  memiliki 57 jenis kupu-kupu termasuk tujuh endemik Pulau Sumba.

Potensi Tempat Wisata
Potensi wisata di kawasan ini seperti wisata pantai, air terjun, serta panorama pemandangan Pulau Sumba yang tiada duanya. Tidak itu saja, di kawasan ini juga dapat dijumpai kuburan kuno yang diukir. Kuburan kuno tersebut merupakan simbol dan status sosial serta kesehatan masyarakat. Adanya atraksi budaya masyarakat setempat yang siap membuat takjub para wisatawan yang berkunjung. Pasola, merupakan atraksi ritual yang sangat menarik dan menegangkan, karena terlihat beberapa orang menaiki kuda yang dihias warna-warni, saling menyerang untuk merobohkan satu dengan lainnya dengan tombak kayu. Atraksi tersebut diselenggarakan pada bulan Februari di Lamboya dan Kodi, bulan Maret di Gaura dan Wanukaka.

Wisata Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru
sumber foto : discoverindonesia.net. all rights reserved.

Wisata Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru
sumber foto : Kementerian Kehutanan RI. all rights reserved.