26.2.16

Wisata Taman Nasional Way Kambas

Destinasi Tempat Wisata Taman Nasional   : Taman Nasional Way Kambas

Lokasi Tempat Wisata       : Kawasan ini terletak di Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung


Gambaran Umum Tempat Wisata
       
Ditetapkan sebagai Taman Nasional berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 670/Kpts-II/1999 dengan luas 125.621,3 ha. 

Keanekaragaman Hayati
Kawasan ini memiliki 50 jenis mamalia diantaranya badak Sumatera, gajah Sumatera, harimau Sumatera, anjing hutan, tapir, siamang. 406 jenis burung diantaranya bebek hutan, bangau sandang lawe, bangau tong-tong, sempidan biru, kuau, pecuk ular, berbagai jenis reptilia, amfibia, ikan, dan insekta. Sedangkan aneka jenis tumbuhan seperti api-api, nipah, gelam, ketapang, cemara laut, puspa, minyak, dan ramin. Selain keanekaragaman hayati yang dapat dijumpai, Taman Nasional Way Kambas juga merupakan salah satu pusat latihan gajah-gajah liar di pulau Sumatera. Pusat latihan gajah ini didirikan pada tahun 1985. Sampai saat ini telah berhasil mendidik dan menjinakkan gajah sekitar 290 ekor.

Potensi Tempat Wisata

Potensi wisata di Taman Nasional ini seperti menjelajahi padang rumput dan hutan mangrove, mengamati satwa dan tumbuh-tumbuhan langka, berkemah, melihat langsung pusat latihan gajah, terdapat juga fasilitas laboratorium alam dan wisma.
Wisata Taman Nasional Way Kambas
foto oleh User:michael tanadi dengan lisensi CC BY-SA 3.0